Lazada.co.id

lazzada

Wednesday, June 12, 2013

Menggunakan Button Pada Android dan Memahami Method setOnClickListener

Postingan kali ini tidak akan membuat proyek baru, tetapi hanya akan mereview postingan selanjutnya yang berjudul menggunakan textview dan edittext. Layout dan source code pada postingan ini menggunakan layout dan source code pada postingan tersebut. Sesuai dengan  dengan judulnya pada postingan kali ini kita akan fokus pada Button dan methodnya. Method adalah sebuah penggalan program yang menampilkan suatu pekerjaan atau tugas tertentu. Method adalah istilah pada bahasa pemrograman java, mirip dengan function pada bahasa C ataupun C++, atau juga sub routine pada Visaul Basic. 

Sama seperti objek-objek lainya, misal TextView maupun EditText, Button harus diinisialisai terlebih dahulu agar bisa digunakan. Semua objek yang akan digunakan harus diinisialisasi atau di dalam konsep object oriented diinstansiasi. Inisialisasi dilakukan pada file MainActivity.java, pada folder src. Bentuk inisialisasinya sebagai berikut.

Button btn=(Button)findViewById(R.id.btn);

Setelah diinstansiasi berarti sudah terscipta objek baru yaitu objek btn. Di dalam OOP setiap objek memiliki perilaku atau method atau function atau sub routine. Kita akan membuat sebuah method untuk objek btn, dimana btn ini adalah sebuah Button, oleh karena itu methodnya kira-kira apa yang akan dilakukan atau ditampilkan ketikan Button btn disentuh. Method yang tepat adalah setOnClickListener. Method ini akan selalu mendengarkan klik pada objek Button btn. Dan akan menampilkan sesuatu jika Button btn di-klik.

btn.setOnClickListener(new View.OnClickListener()

Selanjutnya kita akan menentukan apa yang akan dilakukan ketika objek Button btn di-klik. Misalnya ketika Button btn ini di-klik, maka aplikasi akan menampilkan teks yang sudah dimasukkan pada objek EditText. Mengenai penggunaan objek EditText, baca postingan sebelumnya menggunakan textview dan edittext
{
           
     @Override
     public void onClick(View arg0) {
     // TODO Auto-generated method stub
     tampil.setText("Nama anda"+edt.getText().toString());
     }
        });
    }
Sebetulnya pada potongan program di atas kita hanya mengetikkan 'tampil.setText("Nama Anda "+edt.getText().toString());' tanpa tanda petik. Selebihnya akan digenerated otomatis oleh Eclipse. Perintah tersebut artinya adalah bahwa ketika Button btn di-klik maka objek tampil, dimana tampil ini adalah sebuah TextView, akan diset atau diatur sebuah teks yang berbunyi 'Nama anda +teks yang diinput pada EditText, selesai. edt adalah sebuah objek EditText (baca postingan sebelumnya). Bisa juga inputan ini kita simpan pada sebuah variabel, kemudian isi variable kita tampilkan pada objek TextView tampil. Namun variabelnya perlu kita inisialisasi terlebih dahulu, serta kita tentukan variablenya variabel lokal atau variabel global. variable lokal artinya variabel tersebut hanya dikenali pada objek Button btn tersebut, sedangkan variabel global dikenali di seluruh aplikai termasuk di objek yang lain. Misa kita tambahkan variabel nama sebagai variabel lokal, sehingga menjadi seperti berikut. 
String nama=edt.getText().toString();
tampil.setText("Nama Anda "+nama);
Pada potongan program di atas, inputan pada objek EditText edt kita simpan terlebih dahulu pada variabel nama sebelum kita tampilkan pada objek tampil. 

Demikian sedikit mengenai Button, semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment