Lazada.co.id

lazzada

Friday, June 7, 2013

Menggunakan TextView dan EditText Pada Android

TextView pada Android digunakan untuk manmpilkan teks atau tulisan pada layar atau perangkat android. Sedangkan EditText digunakan oleh user untuk menginput atau memasukkan tulisan, teks atau angka. Pada tutorial kali ini kita akan membuat aplikasi sederhana untuk memasukkan teks dan kemudian menampikanya di layar perangkat Android. 

Langkah yang pertama kita jalankan Eclipse yang sudah terinstal Android SDK. Langkah-langkah menginstal android sdk pada eclipse ada pada postingan install-android-sdk-pada-eclipse. Setelah eclipse dijalankan, buat proyek android baru dengan cara mengklik File>New>Android Application Project. 
Selanjutnya isi bidang-bidang yang harus diisi, nama aplikasi, minimum sdk, compile with dan sebagainya. Nama aplikasi diisi sesuai dengan nama aplikasi yang kita inginkan. Tidak ada aturan baku mengenani penamaan aplikasi, namun yang paling penting nama aplikasi yang kita buat harus mudah diingat dan mencirikan aplikasi kita. Misal pada aplikasi ini saya namai Teks Input. Untuk bidang-bidang yang lain bisa memilih diantara pilihan yang sudah ada. 

Klik next sampai finish. Selanjutnya kita akan membuat layout aplikasi kita. perlu diingat setiap aplikasi android terdiri dari dua komponen utama yaitu layout dan logika program. Layout aplikasi android dibuat menggunakan baha xml, sedangkan logika program menggunakan bahasa pemrograman java. Layout aplikasi android terletak pada res/layout/activity_main.xml. Buka file activity_main.xml tersebut, ganti kodenya menjadi seperti berikut.
<LinearLayout xmlns:android="http://schemas.android.com/apk/res/android"
    xmlns:tools="http://schemas.android.com/tools"
    android:layout_width="match_parent"
    android:layout_height="match_parent"
    android:orientation="vertical" >

    <TextView
        android:layout_width="wrap_content"
        android:layout_height="wrap_content"
        android:text="@string/nm" />
    <EditText
        android:layout_width="match_parent"
        android:layout_height="wrap_content"
        android:id="@+id/edt"
        />
    <Button
        android:layout_width="wrap_content"
        android:layout_height="wrap_content"
        android:text="@string/btn"
        android:id="@+id/btn"/>
    <TextView
        android:layout_width="match_parent"
        android:layout_height="wrap_content"
        android:text=""
        android:id="@+id/tampil"/>

</LinearLayout>
Selanjutnya buka file strings.xml yang terletak pada folder res/values/, file ini berisi nilai-nilai string yang digunakan pada aplikasi yang kita buat. Ganti kodenya menjadi seperti berikut.
<?xml version="1.0" encoding="utf-8"?>
<resources>

    <string name="app_name">Text Input</string>
    <string name="action_settings">Settings</string>
    <string name="nm">Nama:</string>
    <string name="btn">OK</string>

</resources>
Selanjutnya kita akan membuat logika program yang secara otomatis tersimpan pada src/com.example.textinput/MainActivity.java. Buka file tersebut dan ganti kodenya menjadi:
package com.example.textinput;

import android.os.Bundle;
import android.app.Activity;
import android.view.Menu;
import android.view.View;
import android.widget.TextView;
import android.widget.EditText;
import android.widget.Button;


public class MainActivity extends Activity {

    @Override
    protected void onCreate(Bundle savedInstanceState) {
        super.onCreate(savedInstanceState);
        setContentView(R.layout.activity_main);
        final EditText edt=(EditText)findViewById(R.id.edt);
        Button btn=(Button)findViewById(R.id.btn);
        final TextView tampil=(TextView)findViewById(R.id.tampil);
        btn.setOnClickListener(new View.OnClickListener() {
          
            @Override
            public void onClick(View arg0) {
                // TODO Auto-generated method stub
                tampil.setText("Nama anda"+edt.getText().toString());
            }
        });
    }

    @Override
    public boolean onCreateOptionsMenu(Menu menu) {
        // Inflate the menu; this adds items to the action bar if it is present.
        getMenuInflater().inflate(R.menu.main, menu);
        return true;
    }

}
Setelah selesai mengedit kode program, jalankan emulator atau perangkat virtual android dengan cara klik dua kali AVD Manager pada folder C/Program Files/Android/android sdk, tempat kita menginstal android sdk. Langkah-langkah menginstal android sdk ada pada postingan install-android-sdk-pada-eclipse. Setelah itu jalankan emulator. 

Klik kanan nama proyek android yang kita buat pada Package Explorer Eclipse, pilih Run As, pilih Android Application. Jika ada prompt no devive compatible, pilih yes, kemudian pilih nama emulator yang sedang berjalan, beri tanda centang pada Use Same Device For Future Launches, klik OK. 
Tunggu beberapa saat Eclipse mengupload dan menginstal aplikasi pada emulator. Setelah selesai diinstal pada emulator akan langsung dijalankan, hasilnya sebagai berikut.

 
Selamat mencoba, pertanyaan silakan melalui komentar.
 

No comments:

Post a Comment