Lazada.co.id

lazzada

Tuesday, November 27, 2012

Virtual Machine, Makhluk Apakah Itu?

Beberapa diantara kita menginginkan komputernya terinstal beberapa sistem operasi. Dan kedua sistem operasi tersebut bisa dijalankan tanpa mengganggu satu sama lain. Hal ini mempermudah kita yang sedang belajar sistem operasi. Kita bisa membandingkan sistem operasi yang satu dengan sistem operasi lainya. Beberapa sistem operasi, mengharuskan untuk memformat seluruh hardisk ketika akan menginstal sistem operasi. Bisa saja kita menyediakan partisi hardisk khusus untuk menginstal sistem operasi tersebut, namun caranya cukup rumit untuk seorang pemula yang baru belajar sistem operasi tertentu. Ataupu kalau bisa kadang-kadang terjadi permasalahan yaitu sistem operasi yang satunya tidak kebaca pada saat booting.

Ada cara lain yang bisa dilakukan untuk menginstal beberapa sistem operasi dalam satu mesin komputer. Yaitu menggunakan virtual machine. Virtual machine adalah sebuah mesin virtual yang kita gunakan untuk menjalankan sebuah sistem operasi pada sistem operasi inang (host). Virtual machine tersebut sebagai software untuk menjalankan sistem operasi pada sistem operasi yang lain (host).


Berdasarkan gambar tersebut terlihat ada sebuah physical machine (mesin fisik) yang merupakan tempat terinstalnya sistem operasi utama atau inang atahu host. dengan menggunakan virtual machine kita bisa membuat sistem operasi-sistem operasi yang lain, secara virtual. Kita bisa beralih dari sistem operasi utama ke sistem operasi virtual atau sebaliknya dengan mudah. Antar sistem operasi tersebut juga saling terhubung satu sama lain melalui virtual network adapter. Kita bisa mengkonfigurasi jenis jaringan antar sistem operasi-sistem operasi tersebut. Apakah menggunakan mode Bridge atau NAT. Kalau kita menggunakan mode bridge outside network (internet) dan sistem operasi utama bisa mengakses sistem operasi virtual dan sebaliknya. Tetapi kalau kita menggunakan NAT, sistem operasi virtual bisa mengakses sistem operasi utama dan outside network (internet) tetapi outside network (internet) dan sistem operasi utama tidak bisa mengakses sistem operasi virtual. Mana yang kita pilih tergantung dari kebutuhan. Kalau kita mau aman pilih NAT.

Layaknya sebuah jaringan komputer, kita bisa mengkonfigurasi jaringan misal membuat gateway, menyeting IP Address, membuat firewall bahkan kita juga bisa membuat server dan sebagainya. Namun, diantara kelebihan-kelebihanya, virtual machine juga mempunyai kelemahan. Virtual machine yang sedang menjalankan sebuah sistem operasi membutuhkan resource komputer yang cukup besar, yang akan mengakibatkan komputer menjadi lambat atau bisa juga hang bila sistem operasi yang dijalankan lebih dari satu.

Ada dua software virtual machine yang cukup terkenal yaitu virtual box yang dapat didownload pada laman https://www.virtualbox.org/ dan VMWare. Namun untuk dapat menggunakan VMWare kita harus membeli lisensinya sementara virtual box bersifat open source.

No comments:

Post a Comment