Lazada.co.id

lazzada

Friday, December 7, 2012

Membuat Flasdisk Live USB Pada Ubuntu

Live USB digunakan untuk booting sistem operasi dari media penyimpanan USB (flasdisk). Live USB ini berguna apabila sistem operasi yang terinstal di hardisk kita mengalami crash sehingga tidak bisa melakukan booting secara normal. Pada Ubuntu bisa juga digunakan untuk membuat partisi seperti di windows menggunakan GParted ataupun mengubah ukuran partisi. 

Untuk membuat flasdisk Live USB dibutuhkan sebuah flasdisk berukuran minimal 4 GB, sebuah file master sistem operasi Ubuntu yang berekstensi iso dan sebuah laptop yang sudah terinstal Ubuntu. 

Langkah-langkah untuk membuat Live USB sebagai berikut:
  1. Buka Dash Home, cari software/aplikasi Startup Disk Creator kemudian tekan enter. 
  2. Kalau USB nya sudah dicolokan ke colokan USB, Startup Disk creator akan mendeteksi secara otomatis. Kita bisa memilih untuk menghapus data yang ada pada USB atau tidak dengan memilih Erase Disk. Kalau tidak kita hapus data pada USB tetap ada dan flashdisk bisa digunakan sebagai Live USB. Kalau kita hapus data-data yang ada di flasdisk hilang. 
  3. Selanjutnya kita memilih file iso yang akan kita buat Live USB nya. Kita bisa memilih file iso nya dari CD/DVD maupun dari file iso yang sudah tersimpan dalam hardisk. 
  4. Selanjutnya pilih Make Startup Disk pada bagian kanan bawah. 
  5. Tunggu proses nya sampai selesai, biasanya membutuhkan waktu agak lama sekitar 5 menit. 
  6. Setelah selesai restart komputer dan jangan lupa ubah prioritas booting pada bios diubah booting dari USB flasdisk.
USB flasdisk bisa kita gunakan untuk booting sehingga tidak mengganggu sistem operasi lain yang kita instal pada hardisk.

No comments:

Post a Comment