Lazada.co.id

lazzada

Thursday, December 6, 2012

Remastering Ubuntu Menggunakan Remastersys

Remastering pada ubuntu berfungsi untuk dua hal, yang pertama sebagai back up sistem operasi kita. Yang kedua berfungsi untuk mendistribusikan ubuntu kepada orang lain. Secara garis besar langkah-langkah melakukan remastering:
  1. instal ubuntu baik pada hardisk maupun secara virtual, bisa juga menggunakan live USB tetapi gunakan USB yang mempunyai kapasitas besar karena hasil remastering ubuntu cukup besar, bisa mencapai 4 GB.
  2. Setelah ubuntu diinstal, lakukan kustomisasi pada ubuntu tersebut, misal merubah tampilan, merubah wallpaper, menginstal aplikasi dan sebagainya.
  3. Instal remastersys
  4. lakukan remastering menggunakan remastersys.
  5. Tes hasil remastering menggunakan virtual machine atau live USB atau DVD
Untuk melakukan remastering pertama kali harus terkoneksi dengan internet untuk selanjutnya tidak perlu terkoneksi internet. Setelah menginstal ubuntu dan melakukan kostomisasi, langkah selanjutnya menginstal remastersys, caranya sebagai berikut:
  1. Buka terminal dengan menekan tombol Ctrl+Alt+T masuk ke user root dengan mengetikan 'sudo su' tanpa tanda petik. Kemudian diminta memasukkan password user.
  2. Melalui user root buka file source.list. File tersebut adalah file yang berisi daftar repository ubuntu kita. Untuk membuka file tersebut dengan mengetikkan 'gedit /etc/apt/source.list/' pada terminal tanpa tanda petik. Setelah muncul file editor tambahkan berikut ke dalam file tersebut baris terakhir tanpa tanda petik 'deb http://www.remastersys.com/ubuntu precise main'
  3. Kemudian simpan dan tutup file tersebut.
  4. Masih melalui terminal pada user root ketikkan 'apt-get update' diikuti 'apt-get install remastersys'. Tunggu prosesnya sampai selesai. Remastersys sudah berhasil diinstal. Saatnya melakukan remastering ubuntu menggunakan remastersys.
  5. Masih melalui terminal pada user root, kita bisa membuat remastering dengan berbagai pilihan:
  • remastersys back up --> untuk membuat live CD/DVD back up dari sistem.
  • remastersys back up custom.iso --> untuk membuat live CD/DVD back up dari sistem dan menamainya custom.iso.
  • remastersys clean --> untuk membersihkan file temporary remastersys.
  • remastersys dist --> untuk membuat live CD/DVD dari sistem kita yang bisa kita distribukan.
  • remastersys dist cdfs --> untuk membuat live CD/DVD yang dapat kita distribusikan hanya file sistemnya saja.
  • remastersys dist cdfs custom.iso --> untuk membuat live CD/DVD yang dapat kita distribusikan hanya file sistemnya saja dan menamainya custom.iso (jika cdfs sudah ada).
Tunggu prosesnya sampai selesai. File remastering sudah berhasil dibuat. File remastering ada di folder /Home/remastersys/remastersys/ pada user root. Apabila kita masuk ke ubuntu sebagai user biasa melalui GUI, file dan folder remastersys tidak akan terlihat. Karena file remastering terdapat pada user root. Kita bisa membuka folder ini melalui user root, caranya melalui terminal ketikkan 'nautilus' tanpa tanda petik. Kemudian arahkan pada folder Home, maka akan terlihat folder remastersys. Pindahkan file hasil remastering pada user biasa menggunakan perintah copy (cp). Namun sebelumnya kita ubah dulu atribut file nya menjadi 777.

Untuk mengubah atribut file bisa melalui terminal, masuk sebagai user root, arahkan ke folder tempat penyimpanan file remastering, misal 'cd /home/remastersys/remastersys'. Kemudian ketikkan 'chmod 777 custom-dist.iso'. Misal nama file remastering custom-dist.iso.

Untuk mengkopi file ke folder/user lain caranya buka terminal masuk sebagai root, arahkan pada folder tempat kita menyimpan file remastering, misal 'cd /home/remastersys/remastersys', setelah tu ketikkan 'cp custom-dist.iso /home/bms/'.

Setelah itu kita bisa mencoba file remastering tersebut menggunakan Virtual Machine (VMWare/Virtual Box). Atau kita juga bisa membuat live USB menggunakan Universal USB pada windows atau Start up DIsk Installer pada Ubuntu yang sudah terinstal pada distro bawaan ubuntu.

File hasil remastering bisa juga kita distribusikan ke orang lain. Hasil remastering seperti Ubuntu yang sudah kita kustomisasi. Selamat mencoba.

No comments:

Post a Comment