Lazada.co.id

lazzada

Tuesday, December 11, 2012

Membuat Kutipan dan Daftar Pustaka Pada Libre Office

Salah satu kesalahan yang sering terjadi pada waktu menulis karya ilmiah baik itu jurnal, tugas akhir, skripsi dan lain-lain adalah kesalahan dalam menulis kutipan. Kesalahan ini terjadi karena ketidaktelitian kita dalam menuliskanya. LibreOffice menyediakan fasilitas mengelola sumber referensi yang kita gunakan dalam menulis. Kita bisa menuliskan kutipan secara cepat dan benar sesuai dengan ketentuan penulisan kutipan menurut masing-masing perguruan tinggi. Kebanyakan perguruan tinggi di Indonesia menggunakan style kutipan American Psychological Association (APA).

Penulisan kutipan tidak langsung menggunakan style APA '(Nama, tahun)' tanpa tanda petik bila nama pengarang tidak disebutkan. Apabila nama pengarang disebutkan dalam kalimat '......menurut Nama (tahun), ...' tanpa tanda kutip. Untuk menghindari plagiasi, lebih baik menggunakan kutipan tidak langsung. Contoh '..... sistem adalah sekumpulan komponen yang saling berinteraksi (Jogiyanto, 2005). Atau bisa juga ditulis Menurut Jogiyanto (2005) sistem adalah sekumpulan komponen yang berinteraksi.

Penulisan pada daftar rujukan atau daftar pustaka menggunakan style APA, (nama belakang), (huruf pertama kapital nama pertama). tahun. (judul buku dicetak miring). (kota penerbit): (tahun terbit). Contoh:

Baxter, C. 1997. Race Equality in Health Care and Education. Philadelphia: Balliere Tindall.  

Apabila jumlah sumber referensi yang kita gunakan banyak, penulisan kutipan/sitasi dan daftar rujukan/pustaka memerlukan waktu yang cukup lama dan dibutuhkan ketelitian. LibreOffice seperti halnya aplikasi pengolah kata yang lain menyediakan fasilitas untuk menuliskan kutipan dan daftar pustaka secara cepat dan benar. Langkah-langkahnya sebagai berikut:
  • Edit sumber referensi
Untuk mengedit sumber referensi klik Tool>Bibliography Database. Perlu diperhatikan untuk pengguna Linux Ubuntu. Agar tidak terjadi error, perlu diinstal Libre Base terlebih dahulu untuk menyimpan sumber referensi. Pada pengguna Windows Libre base akan secara otomatis terinstal ketika menginstal Libre Office.Setelah jendela Bibliography Database terbuka klik Insert>Record. Isi sesuai sumber referensi yang kita gunakan. kalau sumber referensi kita berupa buku, pada style pilih Book dan untuk sumber referensi yang lain menyesuaikan. Tidak semua fileds harus kita isi, yang wajib kita isi kalau sumber referensi berupa buku yaitu Short Name, Authors, Publisher, Type, Title, Address, Year. Short Name digunakan untuk penulisan kutipan misal (Jogiyanto, 2005).

  • Edit Style 
Selanjutnya kita akan mengedit acuan rujukan atau acuan penulisan daftar pustaka menggunakan styel APA. Klik Insert>Indexes and Tables>Indexes and Tables>Entries. Pilih type Bibliography, kemudian pilh tan Entries, pilih style Book. Kemudian kita atur spin button sesuai dengan aturan penulisan daftar pustaka. Kalau kita menggunakan style APA, urutkan strkturnya menjadi Au, Ye, Ti, Ad, Pu. Dimana Au= Authors, Ye=Year, Ti=Title, Ad=Address, Pu=Publisher. Klik pada Ti, pilih character style=User Entry kemudian klik tombol edit yang ada di sampingnya, pilih font italic kembali ke jendela indexes and tables. Pilih Sort By = contents, Sort Key pada pilihan nomor 1=Authors. klik OK. 
 
  • Menyisipkan kutipan
Untuk menyisipkan kutipan pilih Insert>Indexes and Tables>Bibliography Entry, kemudian pilih sumber referensi yang sudah kita masukkan, klik insert. Kutipan langsung disisipkan pada kalimat sesuai dengan pengaturan kita. Langkah ini juga digunakan untuk menyisipkan kutipan-kutipan yang lain.
  • Membuat daftar pustaka
Untuk membuat Daftar Pustaka, klik Insert>Indexes and Tables>Indexes and Tables, mucul jendela Indexes and Tables. Pada tab Index/Table pilih type=Bibliography, Title sesuaikan dengan judul kita misal DAFTAR  PUSTAKA. Centang pada Protected against manual changes, artinya daftar pustaka yang kita buat tidak bisa kita edit secara manual. Apabila kita menginginkan editing secara manual centang dihilangkan. Klik OK, daftar pustaka akan terbentuk secara otomatis. 

Masing-masing style penulisan kutipan dan daftar pustaka memiliki aturan sendiri-sendiri misal style APA tentu akan berbeda dengan style Chicago, IEEE dan sebagainya. Pengaturan pada indexes and tables disesuaikan dengan ketentuan yang dipakai pada masing-masing perguruan tinggi.

No comments:

Post a Comment