Lazada.co.id

lazzada

Monday, December 10, 2012

Menggunakan Libre Office Untuk Menulis Tugas Akhir

Untuk menulis Tugas Akhir, entah itu skripsi, tesis maupun karya ilmiah yang lain, pertama kita perlu membuat tempate terlebih dahulu. Membuat template tugas akhir dapat mengikuti panduan pada Membuat Template Tugas Akhir. 

Setelah template dibuat, buka dokumen baru pada Libre Office, kemudian tekan F11, pilih new Load Style, pilih template yang sudah kita buat tadi. Selanjutnya kita akan membuat bagian-bagian dalam tugas akhir yang terdiri dari Halaman Sampul, Halaman Judul, Halaman Bagian Awal, Halaman Bab dan Halaman Isi. 
  • Membuat Halaman Sampul 
 Halaman sampul terletak paling depan dari tugas akhir kita. Halaman sampul biasanya terdiri dari Judul Tugas Akhir, logo perguruan tinggi, penulis, instansi dan tahun penulisan. Untuk penulisan Halaman Sampul gunakan style Text Body, kemudian atur sesuai aturan di masing-masing perguruan tinggi. Misal Ukuran huruf: 14pt,Bold, center, dan sebagainya. Halaman sampul ini tidak perlu diberi nomor halaman, dan tidak dihitung sebagai halaman pada tugas akhhir.

  • Membuat Halaman Judul 
Langkah selanjutnya kita akan membuat Halaman Judul. Untuk membuat halaman judul, tempatkan kursor pada bagian terakhir halaman sampul kemudian pilih Insert>Manual Break. Pilih type: Page Break, Styl: Halaman Judul, beri tanda centang pada change page number, pastikan kotak isian nilainya 1, klik OK.
Kemudian kita pilih style Judul, kita ketikkan judul tugas akhir kita. Biasanya pada halaman judul ditambahkan tujuan penulisan tugas akhir misal sebagai syarat kelulusan program diploma 3, strata 1 atau strata 2 dan lain sebagainya. Pada halaman judul ini, nomor halaman tidak ditampilkan tetapi tetap dihitung sebagai halaman pertama.

  • Membuat Halaman Bagian Awal
 Selanjutnya kita akan membuat halaman bagian awal tugas akhir kita yang terdiri dari halaman pengesahan, pernyataan keaslian, persetujuan publikasi, kata pengantar, daftar isi, daftar tabel, daftar gambar, daftar lampiran dan abstrak (disesuaikan dengan format masing-masing perguruan tinggi). Letakkan kursor pada bagian akhir halaman judul, tekan ctrl+enter pilih style Judul, kemudian buat halaman pengesahan. Tekan ctrl+enter, pilih style Judul, buat Pernyataan Keaslian, dan seterusnya sampai pada bagian awal yang terakhir yaitu abstrak. Untuk melakukan penomoran pada bagian awal, letakkan kursor pada footer, klik Insert>Fields>Page Number. Nomor halaman akan muncul secara otomatis, tekan ctrl+E untuk membuat nomor halaman berada di tengah.
  • Membuat Halaman Bab
Selanjutnya  kita akan membuat halaman bab. Letakkan kursor pada akhir bagian awal, klik Insert>Manual Break. Kemudian atur sebagai berikut:
Klik OK. Pilih style Heading 1, tuliskan pendahuluan tanpa kata BAB. Kata BAB akan kita atur pada numbering dengan cara klik Format>Bullets And Numberring pilih tab Option, lakukan pengaturan seperti berikut:
Penomoran pada halaman Bab, letakkan kursor pada footer, klik Insert>Fields>Page Number. Nomor halaman akan muncul secara otomatis. Tekan enter maka halaman isi akan terbentuk secara otomatis beserta nomor halamanya yang berada di kanan atas. Untuk membuat bab kedua dan seterusnya caranya letakkan kursor pada akhir bab kemudian klik Insert>Manual Break, lakukan pengturan seperti berikut.
Lakukan penulisan bab 2 seperti pada bab 1. Nomor halaman akan muncul secara otomatis dan akan berganti secara otomatis pula ketika ada perubahan.


  • Membuat Halaman Isi
Halaman isi akan terbentuk secara otomatis ketika kita membuat halaman bab.
Contoh template tugas akhir menggunakan Libre Office dapat di download di sini

No comments:

Post a Comment